Advertisement

Latest News

Plt Gubernur Sumut Lepas Jenazah Marah Halim Harahap

By globalsumut - Kamis, 03 Desember 2015

MEDAN | GLOBAL SUMUT-Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengatakan, mantan Gubernur Almarhum H Marah Halim Harahap telah menorehkan sejarah kebanggaan bagi Sumatera Utara.
Menurutnya, generasi penerus, perlu melanjutkan cita-cita Almarhum membangun Sumut.

Hal itu disampaikan Erry Nuradi saat melepas keberangkatan jenazah H Marah Halim Harahap di rumah duka Jalan Sakti Lubis, Medan pada Kamis (3/12/2015). Marah Halim meninggal dunia pada Kamis (3/12/2015) pukul 06.30 WIB di RS Permata Bunda setelah mendapat serangan jantung.

Pensiunan anggota TNI AD dengan pangkat Mayjend ini tutup usia pada 94 tahun dan meninggalkan 10 anak, 24 cucu dan 24 cicit.

“Sejarah yang telah ditorehkan almarhum, bagi kita yang msih diberi umur panjang, adalah catatan sendiri untuk dapat melanjutkan cita cita almarhum, membangun Sumut yang kita banggakan,” kata Erry Nuradi saat melepas keberangkatan jenazah dari rumah duka.

Hadir dalam kesempatan itu, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Lodewyk Pusung, mantan Gubsu H Syamsul Arifin, Abdul Wahab Dalimunte dan ratusan pelayat.  Erry mengaku terkejut saat menerima kabar berpulangnya Almarhum. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumut, maupun secara pribadi, kami menyampaikan turut berduka. Semoga keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan tawakal,” ujar Erry.

Erry memaparkan, Almarhum menjabat pada tahun 1967 adalah gubernur paling lama menjabat Sumut yaitu selama 11 tahun. Brigjen TNI Marah Halim Harahap lahir di Tabusira, Tapanuli Selatan,Sumatera Utara pada 28 Februari 1921 adalah Gubernur Sumatera Utara pada periode 1967-1978.

“Semua masyarakat Sumut apalagi yang sudah ada pada generasi itu, pasti mengenal Almarhum. Seluruh Indonesia bahkan dunia internasional mengenang beliau,” ujarnya.

Pada masa Marah Halim menjabat Gubernur, kata Erry, Sumut menjadi provinsi yang disegani. Baik di bidang pemerintahan maupun olahraga. Di masa itu, lanjutnya, Sumut meraih prestasi terbaik 4 atau 5 besar pada tiap penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON).

Lebih jauh lagi, turnamen sepak bola Marah Halim Cup yang digagas almarhum juga dikenal seantero dunia, karena banyak peserta peserta dari Asia, Eropa dan lainnya.

“Banyak jasa beliau bagi Sumut, termasuk mendirikan fondasi pemerintahan yang baik, mendorong kemajuan daerah dan meningkatkan prestasi olahraga,” jelas Erry.

Erry mengajak semua pihak bisa melanjutkan cita-cita Marah Halim mendongkrak prestai SUmut menjadi kebanggan bersama.

“Selamat jalan orang tua kami, semoga Allah SWT menempatkan H Marahalim di tempat sebaiknya di surga,” ujarnya.

Sementar itu, Pangdam mengatakan, keluarga besar TNI AD berduka atas kepergiaan Mayjen TNI Purn Marah Halim.

Menurut Pangdam, karena semasa hidup almarhum banyak memberi jasa dan telah dianugerahkan Bintang Gerilya, maka beliau berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

Usai diberangkatkan dari rumah duka, jenazah Marah Halim dibawa ke Mesjid Salman tak jauh dari lokasi untuk disholatkan pada waktu Ashar. Selanjutnya, Pangdam I BB menjadi inpektur upacara persemayaman jenazah bertempat di halaman mesjid Salman.

Jenazah kemudian dibawa prajurit ke Taman Makam Pahlawan untuk dimakamkan melalui upacara militer. (RHD)

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Plt Gubernur Sumut Lepas Jenazah Marah Halim Harahap"

Leave a Reply

Advertisement